• 1000 Startup Digital Ignition

1000 Startup Digital Ignition

November  2016 / 21 No Comments

Gerakan Nasional 1000 Startup Digital disambut dengan antusias oleh Semarang. Program yang diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama dengan KIBAR bertujuan untuk membawa Indonesia menjadi ‘The Digital Energy of Asia’. Tahap pertama yang diselenggarakan adalah Ignition, yaitu pemberian pemahaman akan pola pikir yang benar dalam memulai Startup. Gagasan apa saja yang dibagikan pada tahap Ignition pada 12 Novermber 2016 yang lalu?

 

Pola Pikir Kewirausahaan

Apa kamu familiar dengan kalimat “Don’t start a business. Solve a problem.”? Ya. Kalimat tersebut ada sebagai landasan berpikir para entrepreneur wannabe agar tidak tersesat ke jalan salah dari awal. Masuk ke dunia wirausaha bukanlah untuk keren-kerenan. Tapi membantu orang lain. Kok bisa? Pengusaha atau organisasi sosial? Beda tipis. Yang satu menarik fee untuk yang dilakukan/dihasilkannya, sedangkan yang lainnya tidak. Garis bawahnya, mereka sama-sama memberi solusi atas masalah nyata yang dialami orang lain. Agak mubazir jika kita membuat produk/servis yang super canggih namun tidak ada yang membutuhkan. Disinilah fungsi validasi dibutuhkan. Pastikan ada pasarnya.

 

Berpikir Layaknya Founder

Apa saja yang harus founder pikirkan? Pretty much everything. Semua hal yang bersangkutan agar yang sedang dibangun dapat di-deliver dengan baik. Mulai dari co-founder yang harus satu visi, operasional, model bisnis, customer/user, perekrutan talent, dan masih banyak lagi. Founder diharapkan dapat fokus dengan visi utamanya. Akan banyak dilakukan trial & error. Belum lagi kemungkinan gagal yang membayangi. Perubahan yang bersifat dinamis bisa menjadi cemilan rutin.

 

Inovasi yang Berdampak Sosial

Tidak semua produk hanya berujung pada profit. Sudah selayaknya juga dapat memberikan benefit terhadap individu hingga ke tingkat sosial. Dan tidak juga diperlukan sesuatu yang besar. Hal kecil yang dapat membantu sejumlah segmen masyarakat memberdayakan potensi di sekitarnya juga masuk hitungan.

 

Berani Membangun Impian

Semua orang berhak memiliki impian, namun tidak semua menjadikan impiannya sebagai kewajiban personal. Jika iya, pasti ada proses di dalamnya. Nothing worthwhile comes easy. Seberapa sering kita mendengar underdog success story. Terdengar wah bagi kita. Namun tidak begitu bagi sang pelaku. Hustle yang tidak terlihat biasanya lebih dari yang kita tahu. Keyakinan terhadap visi yang dimiliki, ditambah dengan mindset yang benar, akan membantu melewati banyak kegagalan sebelum akhirnya berhasil. Be resilient!

 

Kolaborasi

Manusia tidak dapat melakukan semua hal sendiri. Ada hal yang harus diserahkan kepada ahlinya untuk mendapatkan hasil yang optimal. Kolaborasi tidak hanya soal assistance pada hal yang kita kurang mampu, namun juga encouragement untuk mewujudkan visi.

“Two are better than one, because they have a good return for their labor: If either of them falls down, one can help the other up…”

 

Gagasan-gagasan di atas membantu kandidat startup founder mempersiapkan diri. Membuat usaha rintisan bukan hal yang mudah. Jika landasannya sudah baik, diharapkan planning dan eksekusi akan mengikuti. Siapkah kamu membangun startup yang Indonesia butuhkan?

1000 Inovasi
1000 Solusi
1000 Karya
Satu Indonesia Raya



Leave a reply

Your email address will not be published. Website Field Is Optional